Saya ingin sedikit berbagi dengan rekan rekan yang suka ngeblog, khususnya di blogger (blogspot.com), yakni cara membuat form di blog.
Mungkin ada cara lain membuat form di blog, namun cara yang akan saya sharing adalah menambahkan form dengan menggunakan google docs.
Google docs adalah salah satu media penyimpanan bagi yang memiliki akun google. Baik itu berupa foto, video, musik dan lainnya di mana file tersebut bisa kita akses dari mana saja selagi ada koneksi internet.
Selain sebagai tempat untuk menyimpan data dari luar, Google docs juga bisa untuk menyimpan data dalam bentuk draft seperti spreadsheet (sejenis excel), document (sejenis word), presentation (sejenis power point) dan form. Kita menulis teks, mengolah data bahkan membuat presentasi layaknya Microsoft Office namun saat kita menyimpan hasil pekerjaan, data kita akan tersimpan ke google docs atau tersimpan di server Google. Data kita tentu lebih aman tersimpan di server Google dibandingkan dengan cara menyimpan di hardisk atau flash disk yang setiap saat bisa terkena virus.
Nah, di google docs inilah kita bisa membuat form yang dari draft hingga hasil akhirnya, setiap saat bisa kita simpan di Google docs. Form yang kita buat di Google docs bisa diembed ke blog dengan memgcopy paste scriptnya ke blog. Bukan cuma itu, form tersebut juga bisa kita buatkan link sehingga orang yang mengklik link tersebut akan dibukakan form yang dapat diisi. Link ini juga bisa kita tampilkan di web maupun email.
Hasil inputan data dari orang yang mengisi form baik di blog ataupun di link akan terecord secara otomatis juga di google docs kita. Setiap kita masuk ke Google docs, maka kita bisa membuka data data dari orang yang telah mengisi form. Data pengisi form akan tampak dalam bentuk tabel atau spreadsheet.
Cara memulainya cukup klik create lalu pilih kategori form. Layar tempat membuat dan mengedit form akan dimunculkan. Silahkan pilih type dari pertanyaan yang anda inginkan. Manfaatkan semaksimal mungkin fitur yang ada di setiap jenis type pertanyaan tersebut. Untuk melihat hasil sementara dari form yang dibuat silahkan klik "Live" di menu bar. Setelah form jadi, maka tiba saatnya untuk di tampilkan ke blog atau dibuatkan link baik di blog, web atau email.
Untuk embed ke blog klik "File" di Menu Bar lalu embed. Script dari form yang telah dibuat akan ditampilkan. Tekan Control C atau klik kanan untuk mengcopy script tersebut.
Setelah itu pindah ke blogger untuk mempaste script tadi. Cari ruang untuk meletakkan form tersebut. Klik "Add Gadget", cari HTML, maka blogger akan menampilkan window kosong. Paste script tadi ke window tersebut lalu save. Form sudah jadi dan langsung ditampilkan di blog anda. Silahkan test sendiri apakah form sudah berfungsi dengan mengisi langsung form tersebut. Lihat hasilnya di google docs anda. Standar yang Google docs berlakukan adalah bahwa setiap inputan data di form tersebut akan dibuatkan file spreadsheet (sejenis excel) di Google docs yang setiap saat anda bisa lihat.
Semoga bisa membantu.
Terima kasih
Mungkin ada cara lain membuat form di blog, namun cara yang akan saya sharing adalah menambahkan form dengan menggunakan google docs.
Google docs adalah salah satu media penyimpanan bagi yang memiliki akun google. Baik itu berupa foto, video, musik dan lainnya di mana file tersebut bisa kita akses dari mana saja selagi ada koneksi internet.
Selain sebagai tempat untuk menyimpan data dari luar, Google docs juga bisa untuk menyimpan data dalam bentuk draft seperti spreadsheet (sejenis excel), document (sejenis word), presentation (sejenis power point) dan form. Kita menulis teks, mengolah data bahkan membuat presentasi layaknya Microsoft Office namun saat kita menyimpan hasil pekerjaan, data kita akan tersimpan ke google docs atau tersimpan di server Google. Data kita tentu lebih aman tersimpan di server Google dibandingkan dengan cara menyimpan di hardisk atau flash disk yang setiap saat bisa terkena virus.
Nah, di google docs inilah kita bisa membuat form yang dari draft hingga hasil akhirnya, setiap saat bisa kita simpan di Google docs. Form yang kita buat di Google docs bisa diembed ke blog dengan memgcopy paste scriptnya ke blog. Bukan cuma itu, form tersebut juga bisa kita buatkan link sehingga orang yang mengklik link tersebut akan dibukakan form yang dapat diisi. Link ini juga bisa kita tampilkan di web maupun email.
Hasil inputan data dari orang yang mengisi form baik di blog ataupun di link akan terecord secara otomatis juga di google docs kita. Setiap kita masuk ke Google docs, maka kita bisa membuka data data dari orang yang telah mengisi form. Data pengisi form akan tampak dalam bentuk tabel atau spreadsheet.
Cara memulainya cukup klik create lalu pilih kategori form. Layar tempat membuat dan mengedit form akan dimunculkan. Silahkan pilih type dari pertanyaan yang anda inginkan. Manfaatkan semaksimal mungkin fitur yang ada di setiap jenis type pertanyaan tersebut. Untuk melihat hasil sementara dari form yang dibuat silahkan klik "Live" di menu bar. Setelah form jadi, maka tiba saatnya untuk di tampilkan ke blog atau dibuatkan link baik di blog, web atau email.
Untuk embed ke blog klik "File" di Menu Bar lalu embed. Script dari form yang telah dibuat akan ditampilkan. Tekan Control C atau klik kanan untuk mengcopy script tersebut.
Setelah itu pindah ke blogger untuk mempaste script tadi. Cari ruang untuk meletakkan form tersebut. Klik "Add Gadget", cari HTML, maka blogger akan menampilkan window kosong. Paste script tadi ke window tersebut lalu save. Form sudah jadi dan langsung ditampilkan di blog anda. Silahkan test sendiri apakah form sudah berfungsi dengan mengisi langsung form tersebut. Lihat hasilnya di google docs anda. Standar yang Google docs berlakukan adalah bahwa setiap inputan data di form tersebut akan dibuatkan file spreadsheet (sejenis excel) di Google docs yang setiap saat anda bisa lihat.
Semoga bisa membantu.
Terima kasih
No comments:
Post a Comment