1

Sunday, March 13, 2016

Curhatan Pengalaman dengan MLM (Mutilevel Marketing)


Sedikit berbagi tentang pengalaman saya bergabung dengan Amway. Sebuah bisnis yang sering kita sebut Multilevel Marketing (MLM) atau sering juga disebut Bisnis Jaringan atau Bisnis Pemasaran Jaringan atau Network Marketing. Amway adalah bisnis jaringan tertua dan terbesar di dunia serta  merupakan pionir di bidang bisnis jaringan karena bisnis jaringan yang menyusul kemudian memiliki sistem yang pada dasarnya sama dengan bisnis jaringan Amway.

Yang menjadi point penting dan menarik bahwa sistem membangun jaringan yang diperkenalkan kepada saya pada sekitar tahun 2004 tersebut, oleh para upline di jaringan tersebut disebut sebagai strategi barumembangun jaringan dengan menggunakan suatu sistem yang berbeda.

Saya tidak memahami secara sempurna maksudnya apalagi saya juga tidak mengenal bisnis Amway seperti apa sebelumnya namun pada intinya strategi baru tersebut dianggap jauh lebih cepat berkembang dan lebih mudah dibanding "cara lama".

Dalam Amway, fokus impian dan target adalah menjadi Diamond. Walaupun masih ada pencapaian yang lebih tinggi dari diamond seperti Triple Diamond atau Crown Ambassador, namun bagi distributor baru di Amway, mencapai peringkat Diamond sudah merupakan hal yang luar biasa sehingga sudah bisa dianggap berhasil menjadi pebisnis jaringan. Bahkan ada yang berhenti menjalankan bisnis tersebut setelah mencapai posisi diamond. Jaringan dari seorang diamond di Amway akan bekerja sendiri. Maksudnya seorang diamond walaupun tidak aktif lagi menjalankan bisnisnya akan tetapi jaringannya akan otomatis bekerja sendiri. Inilah yang para pembesar Amway sering menyebutnya pasif income. Pasif income adalah sesuatu penghasilan yang diperoleh walaupun seseorang diamond tidak aktif lagi bekerja. Diamond sendiri adalah sebuah pencapaian dengan memiliki jaringan yang terdiri dari 6 kaki atau enam cabang di mana setiap kaki tersebut sudah mencapai hasil penjualan dan jumlah distributor baru yang berhasil direkrut, berada pada besaran yang sudah ditentukan oleh Amway. Intinya, membangun jaringan di Amway adalah bagaimana memiliki jaringan yang terdiri dari enam kaki tersebut. Caranya bisa dengan langsung membangun keenam kaki tersebut lalu dibina dan dikembangkan sekaligus menjadi besar hingga memenuhi ketentuan Amway sebagai kaki kaki Diamond. Namun ini dianggap "cara lama" oleh para upline di jaringan di mana saya sempat bergabung.

Sedangkan cara dan “strategi baru” adalah dengan fokus membangun satu kaki jaringan saja dahulu dengan membangun kedalaman sedalam dalamnya. Sehingga para upline saat itu mengistilahkannya dengan sebutan sistem tusuk sate, membangun jaringan dengan garis memanjang ke bawa. Sebagai  pemula saya diminta para upline hanya mencari distributor baru lainnya lalu dideretkan ke bawah, bukan ke samping. Setiap distributor baru akan ditaruh di bawah garis di mana saya berada. Satu distributor baru yang direkrut akan menjadi downline dari semua distributor sebelumnya yang susah terderet dalam group jaringan tersebut.
 
Mengurutkan distributor baru dalam satu garis vertikal, harus didaftarkan dengan benar oleh para up line yang adalah leader di group tersebut. Semua dikendalikan penuh oleh upline agar tidak terjadi kesalahan bentuk diagram. Otomatis orang orang yang direkrut setelah saya adalah downline saya. Walaupun saya sendiri tidak aktif bahkan hingga beberapa bulan bergabung saya tidak pernah berhasil mengajak siapapun join di bisnis tersebut, namun dalam setiap pertemuan, up line saya selalu menceritakan ke calon ditributor baru bahwa saya sudah berhasil merekrut sekian orang yang memang tampak dalam diagram jaringan bahwa saya sudah memiliki downline.

Setelah mencapai kedalaman dan volume penjualan yang dianjurkan oleh upline, barulah kita dibolehkan membangun kaki kedua yang dianggap akan lebih mudah dibangun setelah belajar membangun di kaki pertama. Pengalaman di kaki pertama akan menjadi modal besar untuk membangun kaki kedua, ketiga hingga kaki keenam. Memulai membangun kaki kedua, ketiga dan seterusnya, adalah harapan bahwa hasil dari jaringan yang kita sudah bangun mulai dari kaki pertama akan segera menunjukkan hasil atau keuntungan. Ini yang dimaksudkan mulai membangun jaringan secara melebar, setelah sukses membangun jaringan secara vertikal. Jaringan melebar adalah jaringan keuntungan. Kalau kita menganalisa cara pemberian bonus Amway maka kita akan memahami bahwa membangun kaki pertama dengan kedalaman sifatnya investasi, sedangkan membangun kelebaran dengan memulai kaki kedua dst, sifatnya menguntungkan. Pada jaringan yang semakin besar maka kedalaman adalah kestabilan, sedangkan kelebaran adalah besarnya keuntungan berupa bonus. 

Mendapatkan bonus di Amway ditentukan oleh selisih antara pembelian di jaringan yang dibangun seseorang dengan jaringan dari downline seseorang. Dalam jaringan satu kaki,munculnya selisih antara pembelian di jaringan seseorang dengan jaringan dibawahnya sangat kecil peluangnya. Kecuali jika seseorang melakukan pembelian yang lumayan besar maka seilisih antara pembelian di jaringannya dengan pembelian jaringan downlinenya bisa muncul. Nah, dengan memiliki jaringan yang melebar maka pembelian di jaringan kita terbantukan oleh pembelian di jaringan kita yang menyamping. Sehingga walaupun belanja pribadi seseorang distributor kecil, namun peluang untuk mendapatkan bonus besar jika volume penjualan dari jaringan samping cukup besar sehingga menimbulkan selisih dengan volume penjualan di bagian bawah, downline.
Contoh yang paling nyata dari sebuah jaringan yang memiliki kedalaman dan kelebaran adalah jaringan dari seorang diamond. Kedalaman adalah kestabilan dan kelebaran adalah keuntungan, terpenuhi dalam jaringan seorang diamond.

Sebagai member baru pada saat itu, pemikiran saya tidak sampai ke situ karena  begitu banyak hal yang jauh lebih saya pikirkan seperti tekanan dari upline untuk segera membawa teman bergabung di saat kita sendiri belum memahami bisnis tersebut. Demikian juga dengan himbauan untuk menggunakan produk Amway yang harganya jauh lebih mahal dibanding produk produk keperluan sehari hari yang kita beli murah dan mudah mendapatkannya. Produk Amway jauh lebih mahal, walaupun produk tersebut hanya perawatan tubuh yang sudah terbiasa kita pakai dan harus dibeli dengan harga yang lebih mahal di Amway. Tekanan lain yang cukup memberatkan adalah anjuran untuk membeli produk Network Twenty One (N21)

Apa itu Network21 (N21) ?

Membangun jaringan Amway dengan sistem Network21 itu sendirilah yang disebut membangun dengan “strategi baru”. Adalah seorang Diamond di Amway yang menemukan cara tersebut. Diamond tersebut bernama Jim Dornand. Jim Dornand awalnya mencoba membangun jaringan dengan strategi baru, fokus di satu kaki saja dan ternyata lebih cepat dibandingkan dengan membangun sekaligus enam kaki. System tersebut diterapkan pada seluruh jaringnnya dengan sekaligus membuat Network21 untuk mensupport pembangunan jaringannya. Fakta ini pula menjadi petunjuk bahwa Jaringan Amway dengan System Network21 adalah jaringan milik Jim Dornand. Seluruh member Amway yang menggunakan Network 21 adalah downline dari Jim Dornand. Namun saya juga tidak sempat mencari tahu apakah system N21 digunakan juga oleh jaringan lain di Amway. Bisa dibayangkan betapa besarnya jaringan Jim Dornand. Bahkan awalnya saya menyangka seluruh pembangunan Jaringan Amway menggunakan Network21 sehingga kekurangpahaman saya awalnya menyangka Network21 itu dibuat oleh Amway. Ternyata hanya dibuat oleh seorang diamond di Amway yang dianggap tidak melanggar system kode etik Amway.

Tentang N21 dan Amway sedikit lebih clear saya pahami ketika hampir sepuluh tahun kemudian, di saat saya bukan distributor Amway lagi bahkan tidak pernah ketemu orang-orang yang berbinis Amway. Tiba-tiba saya ketemu seseorang yang ternyata Network Marketer Amway. Saya tidak menduga sama sekali bahwa saya akan diajak bergabung dengan Amway. Ternyata bergabung di Amway lumayan lama, belum memampukan saya bisa mengenali para pembangun jaringan Amway.

Dalam presentasinya, saya baru menyadari kalau saya diprospek menjadi distributor Amway pada sekitaran 30 menit terakhir. Cara presentasi sangat jauh berbeda. Sang Network Marketer yang sedikit lagi mencapai posisi diamond tersebut menggunakan layar datar berukuran lumayan besar. Presentasi diawali dengan hal hal yang sangat menarik dan mudah sekali dipahami. Kesamaannya dengan Sistem N21 adalah bahwa saya tidak diberitahu tentang bisnis yang akan dijelaskan kepada saya. Presentase tersebut seperti membangunkan kembali memory saya sekitar sepuluh tahun sebelumnya di saat Amway hampir tidak pernah saya dengar lagi.

Saya baru menemukan pembanding dari sistem baru yang saya kenal 10 tahun sebelumnya dengan sistem lama yang baru saya kenal saat itu. Setelah prsentasi ditutupsSpontan saya sampaikan, kalau saya pernah di Amway tetapi menggunakan Netowork 21. Saya ingin mendengar komentar dia tentang Network 21 namun pebisnis jaringan tersebut enggan mengomentari kata Network21 yang saya ucapkan dan hanya mengatakan kalau sistem di jaringannya tidak menggunakan sistem Network21. Sampai di situ saya merenung dalam, mengingat bahwa jauh lebih banyak uang, tenaga, waktu dan pikiran saya dengan Network21. Akan tetapi mengenal N21 adalah sebuah pengalaman berharga yang pernah saya alami. Walaupun saya sangat lama saya meninggalkan Amway dengan sistem N21 namun hingga hari ini cukup banyak manfaat yang saya rasakan.

Namun saya harus berpikir dalam untuk bergabung kembali. Walaupun saya terpaksa memberikan KTP saya untuk didaftarkan. Beberapa kali saya diajak untuk ketemu lagi. Keputusan saya tetap menolak dan mencoba mencari hal hal positifnya saja. Tanpa diperkenalkan dengan Amway, saya tidak akan pernah tahu siapa Robert Kiyosaki dengan Cash Flow Quadrantnya, Dale Carnegie dengan Bukunya Mencari kawan dan mempengaruhi orang lain, David Swartch dengan buku Berpikir dan berjiwa besar.
Saat ini, Maret 2016, saya tidak tahu seperti apa system network 21, setelah terjadinya revolusi teknologi jejaring sosial di interent. Yang saya ingat salah satu poin dari aturan N21 dan mungkin Amway bahwa tidak dibenarkan merekrut distributor baru lewat internet. Pertanyaan tersebut sering muncul di benak saya jika saya menemukan orang-orang di jejaring sosial aktif berjualan dan mengembangkan jaringan multilevel marketing. Dalam System N21 sudah tersedia formula yang tinggal dijalankan yang oleh para upline terbukti sukses. Bagaimana mengundang prospek lewat telpon, bagaimana mempresentasikan bisnis. Bahkan yang saya ingat di tahun 2005/2004 tidak dibolehkan presentase selain menggunakan white board. Tidak dibenarkan presentasi dengan laptop atau PC.

Yang jelas sekitar 10 tahun kemudian saya dipresentasikan bisnis Amway oleh seseorang, jangankan  laptop atau PC, orang tersebut menggunakan tv plasma layar datar dengan tampilan gambar jernuh dan gambaran-gambaran tentang bisnis Amway yang mudah dipahami lewat materi yang disajikan sangat menarik. Saya juga ditunjukkan foto-foto perjalanan beliau ke banyak tempat di dunia karena bonus dari Amway sebagai bukti keberhasilannya yang menjalankan bisnis Amway tanpa Network21 dan juga tidak mau berkomentar tentang Network21.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Kenapa Dengan Film Filosofi Kopi 2 ?

Berita kehadiran Luna Maya di Toraja yang  menyebar lewat situs dan jejaring sosial, berkembang seakan-akan memberitakan bahwa ada film ...